CARA MENGINSTAL XAMPP

CARA MENGINSTAL XAMPP


CARA MENGINSTALL  XAMPP
Oke guys di artikel kali ini aku akan memberikan tutorial bagaimana cara menginstal xampp. Sebelum kita mulai menginstal, Apakah anda pernah mendengar tentang aplikasi xampp, kalau belum tau inilah pengertiannya.  

Pengertian XAMPP
Xampp adalah sebuah perangkat lunak (software) komputer yang mendukung beberapa sistem operasi. Dengan menginstal xampp anda tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MSQL secara manual.  XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi. 

Fungsi XAMPP
Program aplikasi XAMPP berfungsi sebagai server lokal untuk menampung berbagai jenis data website yang sedang dalam proses pengembangan. Dalam prakteknya, XAMPP bisa digunakan untuk menguji kinerja fitur ataupun untuk menampilkan konten yang ada didalam website kepada orang lain tanpa harus terkoneksi dengan internet, atau bisa disebut dengan website offline, Jadi tenang saja jika anda tidak memiliki koneksi internet anda tetap bisa menampilkan hasil website anda. XAMPP bekerja secara offline seperti halnya web hosting biasa namun tidak bisa diakses oleh banyak orang. Maka dari itu, XAMPP biasanya banyak digunakan oleh para pelajar maupun mahasiswa untuk melihat hasil desain website sebelum akhirnya dibuat online menggunakan web hosting yang berbayar atau yang biasa dijual dipasaran.

Oke guys mari kita mulai menginstal XAMPP nya

Langkah-langkah

  Mendownload XAMPP
Pertama kita buka browser kemudian kita ketik di kolom pencarian “download xampp” setelah muncul seperti gambar dibawah kita pilih xampp yang versi 7.3.11 kita pilih yang 64 bit untuk menyesuaikan komputer, yaa tergantung komputer masing-masing sih. Setelah itu klik download, tunggu sampai selesai.
 
 

Jika sudah selesai mendowload maka di file explorer akan muncul hasil download an, setelah itu klik dua kali, nanti akan muncul gambar seperti dibawah ini, kemuadian kita tinggal klik OK.



Setelah itu akan muncul bagian awal untuk memulai instalasi setup wizard xampp, setelah itu klik NEXT untuk memulai instalasi.
 

Setelah itu akan muncul halaman pemilihan apa saja yang ingin anda instal di dalam web server xampp ini, silahkan sesuaikan dengan apa yang kalian perlukan sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing, tetapi dalam tutrial ini saya memilih beberapa karena sesuai dengan kebutuhan saya untuk terinstal hehehe, kemudian klik NEXT.
 

Setelah itu anda akan diarahkan untuk penempatan folder instalasi xampp, jika secara bawaan anda akan diarahkan ke drive C , tetapi anda juga bisa untuk mengarahkan ke drive lain misal saya pilih drive D, silahkan disesuaikan dengan part hard drive yang tersedia di komputer anda, kamudian klik NEXT. 
 

Selanjutnya tampilan ini adalah tampilan promosi bitnami untuk menawarkan cara menginstall cms seperti contohnya Wordpress dan lain-lain. Jika sudah selesai klik NEXT.
 

Pada langkah berikutnya Ready to install ini sebenarnya hanya untuk meyakinkan anda apakah anda sudah yakin pada tahap-tahap sebelumnya, jika anda masih ragu anda bisa menekan tombol back, tetapi di dalam tutorial ini telah di uji coba langkah-langkah instalasi xampp sebagai web server lokal. Jika sudah selanjutnya klik NEXT.
 

Langkah selanjutnya adalah proses extract file-file xampp kedalam hard drive folder yang telah ditetapkan sebelumnya,  tunggu sampai proses instalasi selesai, proses ini tidak memakan waktu yang lama kok. Jika sudah klik NEXT.

Langkah selanjutnya adalah bagian Completing the Xampp Setup Wizard ini adalah langkah terakhir dalam rangkaian proses instalasi. Terdapat checkbox Do you want to start the control panel now? Biarkan saja ceklis tersebut, jikalau tidak ada ceklisnya maka berilah ceklisnya agar setelah ini Xampp Control Panel secara otomatis berjalan. Jika sudah selesai klik finish.
 

Nah, sampai disini proses instalasi telah selesai, anda bisa mengecek langsung ke folder yang sebelumnya telah diarahkan. Karena pada tahap terakhir kita memberikan ceklis agar Xampp Control Panel secara otomatis tampil maka dari itu tunggu sampai Control Panel tersebut muncul.
Jika Xampp Control Panel sudah muncul silahkan klik start pada Apache dan Mysql hingga tulisan Apache dan Mysql di block berwarna hijau, dibawah ini adalah contoh gambar Control Panel Xampp yang ada pada bagian Apache dan Mysql sudah berjalan.