MASAK AYAM KECAP SIMPLE DAN SEDERHANA

MASAK AYAM KECAP SIMPLE DAN SEDERHANA


MASAK AYAM KECAP SIMPLE DAN SEDERHANA


Hay.. guyssss selamat pagi, apa kabar ? aku berharap kalian bahagia dan ceria ya....
Kaya aku nihh yang lagi bahagia dan ceria karena aku udah 2 bulan gak bisa makan favorit masakan mama biasanya mama selalu masakin aku ayam kecap, karena aku lagi PKL di luar kota jadi aku gak bisa makan favorit buatan mama dehh. Eemm jadi sedih ya.
Berhubung aku lagi kangen banget ama masakan mama aku coba bikin dehh...
Ternyata masak ayam kecap gampang dan mudah ya, selain bahannya mudah di cari masak nya juga cepet banget.
Disini aku cuman pengen berbagi ilmu dan cara gimana masak ayam kecap yang simpel dan sederhana yang bisa bikin nafsu makan jadi nambah.
Pasti kalian udah pada penasaran pengen tau cara masak nya.
Yukkk kita masakk....
Sebelum kita masak yang pasti kita harus mepersiapkan bahan dan kebutuhan yang akan di gunakan nantinnya, berikut bahan-bahan yang di butuh kan untuk membuat ayam kecap sederhana. 

    



BAHAN   

1.      ½ kg dada ayam
2.      5 siung bawang putih
3.      6 bawang merah
4.      Cabai rawit secukupnya
5.      1 jeruk lemon
6.      1 batang serai
7.      4 lembar daun jeruk
8.      Ketumbar secukupnya
9.      5 sendok makan kecap manis
10.  Minyak goreng secukupnya (untuk numis bumbu)
11.  Cabai merah besar (untuk hiasan)
12.  2 butir kemiri
13.  1 cm kunyit
14.  ½ cm kencur
15.  ½ cm jahe
16.  1 sendok makan garam
17.  ½ sendok makan gula
18.  ½ penyedap rasa




CARA MEMASAK
1.        Bersihkan ayam, lalu rendam ayam dengan perasan jeruk lemon selama kurang lebih selama 15 menit, kenapa saya rendam dengan jeruk lemon karena supaya ayamnya tidak bau amis saat di masak nantinya.
2.        Setelah di rendam selama kurang lebih 15 menit, kemudian potong ayam menjadi beberapa bagian.
3.        Kemudian rebus ayam
4.        Sambil nunggu ayam nya mendidih kita bikin bumbu nya dulu yukk.... 





5.        Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, cabai, jahe, kunyit, kencur, daun jeruk, menghaluskaan nya bisa pakai uleka atau blender ya, kalu kalian pengen rasanya lebih natural bisa kalian ulek aja.
6.        Setelah selesai menghaluskan bumbu, kalian bisa tiris kan ayam yang sudah di rebus tadi.
7.        Siapkan wajan dan panaskan minyak untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan.
8.        Tumis bumbu sampai  kuning keemasan dan keluar aroma harumnya, oowwhh iya jangan lupa ya masukkan 1 batang serai.        
9.        Masukkan ayam yang sudah di rebus tadi kedalam bumbu yang sudah ditumis aduk hingga rata.
10.        Sambil di aduk tambah kan air agar ayam tidak gosong
11.        Dan jangan sampai lupa masukkan saatu sendok garam, ½ sendok makan gula, ½ sendok teh penyedap rasa, dan 4 sendok makan kecap manis.
12.        Aduk hingga rata dan tunggu sampai kurang lebih 15 menit pokok nya masak sampai bumbu meresap dengan sempurna.
13.        Setelah 15 menit angkat ayam dan sajikan tambah kan irisan cabai merah besar agar lebih cantik tampilannya.



Demikian tutorial cara memasak ayam kecap sederhananya dan semoga bermanfaat, gimana gak lama kan cara masaknya gak sampai 1 jam. Buat ibu ibu yang ngantor yang gak punya banyak waktu untuk masak didapur bisa nih jadi masakan andalah keluarga hehehe.... Sebelum aku akhiri aku punya pantun buat kalian yang baca artikel ini.

Pakai baju warna abu-abu
Pergi pesta ke dingsanak
Semoga sukses para ibu ibu
Belajar masak yang enak

Sekian dulu ya tutorialnya terima kasih dan sampai jumpa kembali. See You Next ☺



Penulis

By : Noni Yuliati (SMK Negeri 1 Pelaihari) 

Angkatan 16





Tidak ada komentar :

Posting Komentar