CARA INSTAL UBUNTU 16.04

CARA INSTAL UBUNTU 16.04


Panduan Cara Install Linux Ubuntu untuk Pemula
Sebelum menginstall sistem operasi Ubuntu 16.04 desktop, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dan perhatikan yaitu:
- Anda dapat mendownload Ubuntu di : https://www.ubuntu.com/download/desktop
§           - Siapkan flashdisk kosong dengan kapasitas storage minimal 4GB.

§            - Jika Anda akan menginstal Ubuntu pada laptop, pastikan baterai Anda tidak habis saat proses instalasi dengan mencolokkan charger Anda segera.

§              - Siapkan software untuk membuat bootable USB flashdisk seperti Rufus (saya biasanya menggunakan ini).

§              - Siapkan file ISO Ubuntu 16.04  Desktop yang Anda sudah Anda download sebelumnya.

§  Terakhir, buatlah bootable USB flashdisk menggunakan Rufus dengan memasukkan file ISO Ubuntu 16.04 Desktop. Untuk tutorial cara membootable flashdisk menggunakan Rufus bisa anda baca disini.
Nah, setelah Anda menyiapkan bootable USB flashdisk, sekarang saatnya Anda menginstall Ubuntu pada laptop/PC Anda. Perhatikan langkah-langkah dibawah ini.
1. Colokkan flashdisk ke laptop Anda. Restart komputer Anda lalu tekan F2EscF12 atau tombol lainnya (tergantung pada pengaturan PC/ laptop masing-masing) untuk masuk ke BIOS komputer.

2. Setelah masuk ke BIOS, pilih tab “Boot“. Nah, pada Boot Option Priorities, tempatkan bootable flashdisk di posisi teratas seperti pada gambar dibawah ini. Sedangkan, untuk yang lainnya hanya mengikut saja yang terpenting hanya bootable flashdisk.

3. Pilih tab Save and Exit, tekan Enter pada opsi Save and Exit maka laptop/PC akan restart secara otomatis atau tekan tombol F10 pada keyboard.

4. Selanjutnya, tunggu loading proses penginstalan Ubuntu.


Ubuntu adalah salah satu distro linux yang sangat populer. Dilengkapi dengan UI (User Interface) yang friendly dan cukup mudah digunakan, serta cukup handal. Berikut cara install ubuntu 16.04, Goodluck


Berikut tampilan booting awal Ubuntu:

Welcome Screen
Anda akan disambut dengan welcome screen berisi pilihan bahasa, dan pilihan menu untuk mencoba Ubuntu menggunakan Live CD, atau menginstallnya langsung.

Tampilan “Try Ubuntu” dari LiveCD

Anda dapat mencoba mengexplore Ubuntu dari Live CD, jika anda merasa cocok dan ingin menginstallnya, klik icon CD dengan teks “Install Ubuntu 16.04.1 LTS”

Persiapan Install
Silakan pilih bahasa yang akan digunakan pada Ubuntu. Lalu pilih “Instal Ubuntu”

Jika anda terhubung ke internet, dan ingin meng-install driver seperti graphic, Wifi, MP3 dan lainnya silakan centang pada pilihan kedua, jida tidak langsung klik “Continue”.

“Erase disk and install Ubuntu” akan mem-format seluruh isi harddisk anda, dan Ubuntu akan membuat default partisi. Jika anda yakin dengan pilihan ini, anda bisa klik “Continue”. Atau memilih “Something else” untuk menentukan partisi dan alokasi sendiri.

Disini anda dapat melihat daftar harddisk anda. “/dev/sda” berarti harddisk pertama anda. jika anda menghubungkan PC dengan 2 harddisk, maka akan tampil “dev/sdb”.

Klik harddisk yang akan di-install Ubuntu, lalu klik “newPartition Table” untuk membuat Partisi. Klik continue ketika muncul pesan konfirmasi untuk membuat partisi baru.

Pada tampilan berikut terlihat alokasi hardisk yang tersedia, yaitu 8.5GB. klik pada baris tersebut lalu klik tombol “+” untuk membuat partisi baru.

Berikut kita membuat partisi untuk swap, dengan alokasi 1GB. Klik “OK” untuk melanjutkan.

Partisi swap berhasil dibuat, klik “free space” lagi dan klik tombol “+” untuk membuat partisi baru lagi.

Selanjutnya kita membuat partisi dengan format Ext4 yang akan digunakan sebagai root folder “/” sebesar 7.5GB. Root folder “/” akan berisikan filesystem dan direktori home. Klik “OK” untuk lanjut.

Hasil akhir partisi akan sebagai berikut.

Anda juga dapat memisahkan direktori home anda dengan partisi lain dari root folder.

Dalam postingan ini saya tetap menggunakan 2 partisi. Berikut tampilan konfirmasi ketika akan menyimpan perubahan partisi. klik “Continue” untuk lanjut.

Pilih zona waktu yang anda inginkan dengan klik pada peta, lalu klik “Continue”.

Pilih layout keyboard yang sesuai dengan keyboard anda, lalu klik “Continue”.

Isikan detail user yang akan digunakan pertama kali, lalu klik “Continue”.
Silakan tunggu sampai proses instalasi selesai.

Setelah proses instalasi selesai, anda dapat melanjutkan mencoba Ubuntu dari LiveCD atau langsung me-restart PC anda untuk menggunakan Ubuntu yang telah diinstal.


Tampilan Ubuntu

Sekian penjelasan mengenai cara install Ubuntu 16.04


Penulis : 

David Rahmad Mardhika
SMKN 1 PROBOLINGGO
Magang Angkatan 15

Tidak ada komentar :

Posting Komentar