TUTORIAL MENGGAMBAR VIGNETTE MANUAL

TUTORIAL MENGGAMBAR VIGNETTE MANUAL

Vignette merupakan gambar ilustrsi berbentuk dekoratif yang berfungsi sebagai pengisi ruang kosong pada kertas narasi. Kata vignet berasal dari bahasa Perancis yaitu VIGNETTE yang berarti batang anggur. Di Perancis sendiri vignet merupakan seni hias buku, yang biasanya bentuk hiasan tersebut digunakan dalam seni grafika atau arsitektur, ada juga yang mengartikan vignet sebgai sebuah sketsa dengan gambar yang unik dan dekoratif. Vignet ini merupakan salah satu karya seni rupa yang banyak digemari para remaja Indonesia pada era 70-an yang digunakan sebagai media ekspresi.
Karna bentuknya yang abstrak, Vignette seringkali disamakan dengan doodle art. Vignette merupakan gambar ilustratif dan dekoratif yang biasanya dibuat berdasarkan emosi dan perasaan orang lain, yang dapat digabungkan dengan seni fotography. Sedangkan doodle, adalah gambar ilustrasi yang biasa dijadikan media penyalur emosi, dan miliki bentuk dan hasil yang sulit diduga.  
Vignette memang tergolong rumit untuk membuatnya, dikarnakan, kita harus cermat dalam membuat bentuk dan menempatkan posisi tiap bentuk yang kitaKali ini saya akan memberikan tips dasar membuat vignette art, secara manual. 

1. Pertama persiapkan kertas dan alat tulis yang ingin kita pakai nantinya. Sebagai permulaan, anda bisa menggunakan alat tulis dengan mata pena yang tipis terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya kita memiliki jarak yang cukup memungkinkan untuk membuat bentuk-bentuk yang unik. (Jika tidak ada, tidak apa-apa)


 2. Lalu karena vignette sendiri artinya adalah gambar ilustrasi berbentuk dekoratif, maka sebagai contoh saya akan menggambar bunga. Ingat, vignette sendiri juga mengutamakan emosi seseorang dalam pembuatannya. Jadi anda dapat memulainya dengan bentuk yang lain tergantung pada mood anda saat ini. Objek ini yang nantinya akan menjadi pusat perhatian. (Center of Interest)


3. Saya akan menggambar sebuah kelopak bunga, mulai dari ukuran yan kecil, sedang, hingga menjadi besar. Anda juga dapat melakukannya pada objek yang anda gambar. Sebagai contoh, anda bisa menggambar lingkaran kecil, disusul dengan lingkaran lain nya disekitar lingkaran kecil tadi hingga membuat lingkaran besar.


4. Hiasi objek inti tersebut dengan motif-motif sederhana saja terlebih dahulu. Seperti garis,titik,lingkaran, dan lain-lain. Motif-motif yang anda buat, bisa dijadikan bentuk-bentuk pendukung, supaya objek inti yang anda buat, terasa lebih kuat.


5. Hiasi juga sekeliling objek dengan berbagai macam motif. Anda juga dapat memberikan tambahan seperti tangkai, daun, atau bunga-bunga kecil. Isi bagian kertas yang dirasa masih kosong, supaya vignette anda, tidak terlalu kaku.


6. Berikan dekorasi-dekorasi lain hingga anda merasa puas. Inti dari vignette sendiri adalah dekorasi, jadi anda bebas menambahkan gambar apapun, sesuai  kemauan anda, dengan komposisi tertentu hingga tercipta gambar yang indah.


Secara teknis, vignette tidak terikat dengan aturan-aturan ilustratif lainnya. Seperti anda harus membuat gambaran suatu kondisi dari gambar yang anda buat. No. Vignette memberikan anda kebebasan berkarya sesuai keinginan dan perasaan anda. Jangan ragu untuk membuat bentuk-bentuk yang anda ingin buat, hanya karna anda takut akan merusak hasilnya. Semakin kuat perasaan anda saat membuatnya, semakin kuat perasaan yang tersampaikan dari gambaran anda.

Yap. Itulah tadi tips dasar membuat vignette secara manual. Anda dapat membuat variasi-variasi vignette anda sendiri. Yang perlu anda lakukan hanyalah percaya akan kemampuan anda masing-masing. Memadukan hasil vignette anda dengan warna-warna RGB juga menarik, tapi kembali lagi.. sesuaikan dengan perasaan anda sendiri.

Clara Parents Jias
SMKN 2 Cikarang Barat
Magang angkatan 12 di Biru Daun Center


Tidak ada komentar :

Posting Komentar