Cara Mengedit Foto Menjadi Low Polly di Adobe Photoshop CS6

Cara Mengedit Foto Menjadi Low Polly di Adobe Photoshop CS6

Halo desainers!! Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah editing foto bukan? Yap! Editing foto kini sudah sangat booming dan mendunia. Sehingga munculah aplikasi-aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop, Picsart dan masih banyak lagi. Editing foto sendiri sudah sangat berkembang dengan pesat diera milenial seperti sekarang ini, sehingga munculah teknik-teknik edit foto seperti Vektor dan Wpap yang paling terkenal hingga sekarang ini. Namun seperti yang kita tahu, untuk membuat editan foto seperti Vector dan Wpap tidaklah mudah, dan tergolong cukup rumit. Dikarnakan, ke-2 teknik tersebut, membutuhkan ketelitian dalam memilih warna supaya tercipta gradasi yang indah. Namun tahukah desainers? Kini sudah ada loh! Teknik desain yang simple dan sedang tidak kalah booming dengan teknik Vector dan Wpap, dikalangan desainers masa kini? Teknik apa itu? Namanya adalah Low Polly. Low Polly adalah sebuah teknik desain, yang menggabungkan teknik Vektor dengan teknik wpap. . Low Polly menggunakan konsep bluring pada gradasi warna yang diseleksi. Jadi Desainers dapat menggunakan teknik editan ini pada setiap gambar yang memiliki gradasi warna, sehingga desainers tidak perlu lagi pusing-pusing mikirin warna yang akan desainers sekalian pakai nantinya. Berikut adalah contoh hasil dari Low Polly.

                               @clrprntsjs
Menarik bukan? Ingin membuatnya juga? Baiklah, mari kita mulai pembahasan kita. 
1. Pertama-tama, masukan foto yang ingin kita edit ke dalam adobe photoshop dengan drag and drop foto kita kedalam photoshop. 
2. Jika foto terkunci seperti berikut, tekan Ctrl+J pada keyboard untuk menduplikat foto Desainers, lalu hapus foto yang terkunci. Ganti nama layer foto kita tadi menjadi Asli.

3.     Buat seleksi pada bagian yang ingin Desainers edit, dengan menggunakan laso tools. Teknik edit ini tidak terlalu membutuhkan seleksi yang terlalu rapih, jika and ingin membuatnya serapih mungkin, Desainers bisa menggunakan Pen Tool. Klik kanan, lalu pilih layer via copy. 

4.     Kita mulai editing dari bagian rambut terlebih dahulu. Lakukan seleksi pada bagian kecil rambut. Usahakan supaya seleksi yang Desainers buat mengikuti arah rambut Desainers, supaya hasilnya beraturan dan tidak abstrak. 

5.     Pada menu Filter, pilih Blur lalu pilih Average.
Lakukan pada semua bagian lain nya, seperti wajah dan kacamata jika ada. 

6.     Jika foto yang Desainers edit terdapat kacamata di dalamnya seperti milik saya, Desainers dapat membuat efek kacanya dengan menggunakan Pen Tool pada layer baru. Ikuti pola kaca pada kacamata Desainers, klik kanan, lalu pilh Fill Path. 

 7. Pada menu Contents, di kolom Use ubah Foreground Colors menjadi Color, Pilih warna putih. Klik oke jika sudah.


8. Turunkan opasitas warna kaca nya dengan menurunkan Opacity pada menu layer. Sesuaikan dengan selera Desainers. Desainers dapat mengikuti setelan saya menjadi 35%.


9. Jika sudah Desainers dapat menggabungkan ke-2 layer menjadi 1 dengan memblog ke-2 layer, Klik kanan, lalu pilih Merge Layer. Atau dapat dengan menekan Ctrl+E pada keyboard.


10. Untuk membuat Background, klik Adjust or Fill pada bagian bawah pada menu Layer. Pilih model warna untuk background Desainers. Saat ini saya memakai model Gradient.


11. Klik pada kolom gradient, dan pilih model gradasi yang ingin Desainers gunakan.


12. Untuk merubah warna gradasinya, klik tanda panah seperti pada gambar, lalu double klik pada warna yang muncul. Pilih warna yang Desainers suka. Klik oke jika sudah.


13. Untuk merubah arah gradasinya, ubah posisi garis yang ada dalam lingkaran pada pilihan Angle. Atur sampai Desainers menemukan arah gradasi yang Desainers inginkan. jika ingin mengikut preset yang saya pakai, ubah nominal 90 menjadi 0. Lalu klik OK.

14. Ubah posisi layer gradasi tadi menjadi dibawah layer asli kita tadi.

15. Jika sudah, save editan Desainers terlebih dahulu. Pada menu file, klik save.
16. Untuk merubahnya ke bentuk JPG atau PNG, tekan Ctrl+Shift+S pada keyboard, lalu ubah ke format file yang Desainers mau.
 Oke tadi adalah tutorial membuat editing Low Polly di Adobe Photoshop Dengan teknik ini juga Desainers dapat membuat Flat Desain seperti Tinny Planet, dll.

Baik, saya cukupkan artikel tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada salah-salah kata, dan.. Salam Desainers!!

Penulis:
Satryo Alpha E. S
Sekolah:
SMK Negeri 2 Cikarang Barat
Magang Angkatan ke-12 di Biru Daun Center, Malang.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar