TIPS FOTOGRAFI PRODUK MENGGUNAKAN HANDPHONE

TIPS FOTOGRAFI PRODUK MENGGUNAKAN HANDPHONE


Fotografi produk merupakan hal yang penting dalam penjualan produk melalui media internet. Karena pembeli hanya dapat melihat barang melaui sebuah foto dari produk yang kita jual, dari hal ini, kita dituntut untuk memberikan visual yang baik dari produk yang kita jual kepada pembeli agar mereka tertarik pada produk kita . Namun, bagaimana menghasilkan foto yang baik untuk produk yang kita jual ? . Biasanya foto yang baik dihasilkan dari kamera yang baik pula. Seperti DSLR, SLR, maupun Kamera Mirrorless. Namun kita sering terkendala seperti tidak bisa mengoperasikannya maupun terkeendala tidak mempunyai kamera tersebut. Tak perlu kamera profesional pun kita dapat menghasilkan foto yang baik, yaitu menggunakan sebuah Handpone. Dengan menggunakan Handphone, kita juga dapat menghasilkan foto yang baik dengan bantuan sebuah aplikasi.  Hasilnya pun tak beda jauh jika menggunakan kamera profesional. Berikut adalah cara memotret produk menggunakan handphone agar menghasilkan foto yang baik.

1. Yang pertama, kita siapkan mini studio terlebih dahulu. disini saya menggunakan background          berwarna putih yang saya letakkan diatas sebuah laptop. Jika produk yang kalian foto berukuran besar, kalian bisa menggunakan sehelai kain sebagai background dan letakkan barang di atas meja.


2. Kemudian letakkan barang yang akan di foto tepat di depan background, lalu posisikan barang menghadap ke depan lalu tekan tombol shutter pada handphone untuk mengambil gambar. Dan berikut adalah gambar yang telah diambil.

Tips Fotografi Produk
1. Gunakan cahaya natural atau cahaya pada siang hari.
2. Jika berada di dalam ruangan, gunakan lampu yang terang dan tambahan pencahayaan dari senter maupun softbox.
3. Gunakan tripod agar saat memotret kamera atau handpone tidak bergerak sehingga gambar menjadi kabur.
4. Perlihatkan volume dari produk dengan memiringkan sedikit produk yang akan di foto.
5. Jika produk berupa barang yang dipakai, seperti pakaian, tas maupun sepatu gunakan model dalam pemotretan.
6. Edit gambar sesuai dengan kebutuhan.

 Tahap setelah pemotretan yaitu editing. Disini saya menggunakan aplikasi Snapseed yang bisa di download di Google Playstore untuk pengguna android dan juga App Store untuk pengguna IOS.

1. Pertama, yaitu buka aplikasi Snapseed kemudian klik tanda + atau klik Buka
2. Kemudian pilih foto yang telah diambil
3. Kemudian pilih alat
4. Kemudian pilih Poles Gambar untuk mengatur komposisi atau pencahayaan pada gambar.

5. Kemudian atur kecerahan, kontras, saturasi sesuai dengan kebutuhan. Geser ke kanan untuk menambah, dan kekiri untuk mengurangi efek. Sebagai tips, jika gambar yang kamu potret cenderung gelap, ubah highlight menjadi 100%. Jika sudah merasa cukup, klik centang yang berada pada pojok bawah gambar.
6. Untuk menyamakan warna bckground menjadi putih bersih, klik alat lalu pilih selektif
7. Kemudian pilih area yang akan disamakan warnanya, lalu geser ke kanan hingga 100%. Untuk area yang lain, klik + yang ada pada bagian bawah lalu ulangi cara cara di atas.
8. Jika sudah merasa cukup, klik centang yang ada pada bagian pojok bawah.

9. Jika masih ada bagian yang belum berwarna putih, seperti , di bawah ini, klik alat lalu pilih Healing

10. Kemudian pilih area yang tadi,  dengan menyapukan kuas pada gambar. dan hasilnya akan menjadi seperti ini, kemudian klik centang yang ada di pojok kanan bawah.

11. Setelah semua cara cara diatas selesai, untuk menyimpannya, klik export kemudian pilih simpan.


Dibawah ini adalah gambar sebelum dan sesudah di edit

Kesimpulannya adalah kita tidak perlu menggunakan kamera yang mahal untuk menghasilkan foto yang bagus, buktinya hanya dengan menggunakan smartphone yang kita punya, kita dapat menghasilkan foto yang tak kalah bagus jika menggunakan kamera. Dengan bantuan sebuah aplikasi, kita dapat memperbaiki komposisi yang kurang pada foto yang kita potret, menjadi komposisi yang pas, sehingga, jika para pembeli melihat produk yang secara visualnya baik, mereka akan tertarik untuk membeli produk yang kita jual.

Penulis :

Fanisa Azzahra
SMKN 1 WONOASRI 
Magang Angkatan 10

Tidak ada komentar :

Posting Komentar