kumpulan tutorial

WELLCOME TO PORTAL TUTORIAL PALING LENGKAP DAN TER-UPDATE SUDAH SAATNYA ANDA MOVE ON

Digital Marketing | Desain | Vektor | Jaringan

Artikel Terbaru

Lihat Lainnya

CARA FOTO KEKINIAN HANYA DENGAN HANDPONE BISA MENDAPATKAN HASIL YANG BAGUS.


CARA FOTO KEKINIAN HANYA DENGAN HANDPONE BISA MENDAPATKAN HASIL YANG BAGUS.



Hai guys diartikel kali ini aku mau sharing – sharing mengenai hoby aku yang memang pasti juga sangat digandrungi dengan banyak kalangan wanita yaitu berfoto menggunakan handphone masing - masing. Kalo aku sih hoby gak usah yang mahal – mahal yang penting nyamanin aja udah hhe. Buat kalian yang masih bingung – bingung gimana nih gaya foto yang keren, gimana nih gaya foto yang bagus dan trend ? Nah disini kalian bakalan mendapatkan jawabannya. Kali ini aku bakalan ngasih cara bagaimana berfoto dengan gaya yang bagus dan kekinian.
Untuk mendapatkan hasil yang bagus bak artis selebgram  dalam berfoto kalian harus menguasai 5 teknik cara berfoto baik itu selfie maupun tidak, hanya dengan handphone kalian.

Berikut 5 gaya cara berfoto hanya handphone dengan hasil yang bagus bak artis selebgram :
1.      Carilah angel foto yang pas .


Jika kalian sudah memilih angel yang pas seperti contoh gambar diatas, kalian diharuskan untuk menjiwai ( berusaha menyatu ) tempat atau angel yang akan menjadi destinasi kalian berfoto. Kalo aku sih sukanya kalo foto itu candid, gak tau kenapa sih suka aja kayak alami gitu gak  dibuat – buat hhe.


1.      Gaya foto dengan menyesuaikan bentuk badan kalian.



Niiih gengs untuk kalian yang kurang PD dengan bentuk badan kalian yang entah itu teralu kecil atau terlalu besar dengan menggunakan gaya seperti gambar diatas sangat membantu kalian nih gengs meminimalisir kurang percaya diri kalian. Percaya aku udah coba sendiri. Berhubung badanku agak sedikit bersis gaya miring jadi andalanku buat gaya berfoto. Dan untuk badan besar baju berwarnarna hitam juga sangat membantu menyamarkan ya guys hhe,

1.      Gaya berfoto dan ingin menunjukkan keindahan saat senja.
Ini dengan gaya berdiri :
 
Dan ini untuk gaya duduk seakan – akan kita menghadap dengan matahari.

Cocok banget buat kalian pecinta senja nih, gaya ini memang udah sering banget dipake sama selebgram – selebgram. Untuk cara ini aku suka banget ya guys, yang gaya vintage aku juga suka bisa dibilang cara foto gaya vintage dan senja ala – ala favorit aku bengat hhe. Dengan sedikit editan – editan filter yang sesuai dengan foto kalian.

1.      Beri sedikit sentuhan editan.


Biar foto kalian tambah kece kalian bisa tambah dengan sedikit editan, kalo aku sih nyaranin jangan terlalu berlebihan dalam ngedit fotonya. Ya kalo soal ngedit ini sesuai keinginan kalian aja ya sesuai kesukaan bagaimananya ingin kalian masing -masing. Kalo foto diatas itu menggunakan editan camera 1998 yang dikompilasi dengan editan picart. Kalo sekarang kan udah ada editan – editan yang lebih bagus, ini salah satunya yang aku edit dengan editan yang lagi musim :

  • ·         Editan dengan menimbulkan efek langit menjadi lebih biru
  • ·         Editan dengan menimbulkan efek kuning pada setiap bagian belakang.
  • ·         Editan dengan menggunakan sticker -sticker.

1.      Manfaatkan pencahayaan matahari sebagus mungkin.

Nah guys kayak contoh diatas aku itu manfaat in cahaya matahari, kalo kalian juga mau manafaatin cahaya matahari untuk foto kalian itu malah sekarang itu lagi buming banget yaaa, kalo foto ngadep sama matahri lah atau emang disengajain panas – panasan dibawah matahari biar supaya hasil foto bagus. Hmmmm lagi zamannya guys.

Udah dulu ya guys tutorial foto supaya dapetin hasil yang bagus walau cuma pake handphone dari aku, semoga kalian suka dan 5 cara itu emang udah yang paling mudah dan simple bisa juga langsung diterapin. Dizamin keren deh, selamat mencoba guyssss!!!!



Penulis
Nour Baiti ( SMK Negeri 1 Pelaihari )
Angkatan 16

Edit Video Keren Hanya Menggunakan Smartphond


Edit Video Keren Hanya Menggunakan Smartphond
Sekarang di sini kita akan menjelaskan bagaimana menggunakan aplikasi edit video keren di smartphond kalian, contoh aplikasi yang akan saya jalaskan di sini adalah aplikasi kine master, mengapa saya memilih kine master, Karna kinemaster menyediakan fitur yang banyak seperti edit video di computer, dan tek kalah keren dari edit video di computer.
Nah, sekarang kita akan mulai mempelajari bagaimana bisa edit video keren hanya dengan menggunakan samartphond. Sekarang kalian harus cermati dan perhatikan bagaimana caranya bikin video keren hanya menggunakan smartphond.
Pertama-tama kita download dulu aplikasi kine master di Play Store, bagi yang belum mempunyai aplikasi kine master, kalau sudah punya kita tinggal masuk saja, kalau sudah ada gambar itu di laya smartphond kalian berarti sudah mempunyai aplikasinya dan tinggal masuk saja.

Pertama kita download dulu kine master di play story




Setelah terdownload kita bisa langsung instal saja kalau sudah terinstal akan muncul seperti ini di layar smartphond kalian dan itu berarti aplikasi kine master alian sudah terinstal.




Setelah itu kita langsung masuk saja ke aplikasi kine master dan mulai ngedit video keren hanya menggunakan aplikasi di smartphond kalian. Setelah masuk kita tekan saja gambar merah bulat besar yang berlogo video.




Setelah menekan gambar itu kita di suruh memilih rasio mana yang akan menjadi latar video kita , yang kita gunakan di sini sekarang adalah menggunakan rasio yang normal yaitu berukuran 16 : 9 saja karna itu yang sering di gunakan untuk mengedit video.

Setelah itu kita langsung ke tahap di mana kita mulai mengedit video, tampilannya masih kosong, dan akan kita tambahkan video di bagian media.
Setelah di tambahkan kita akan memilih video mana yang akan di edit, kalau sudah dapat video yang mana pas untuk di edit langsung saja tekan kata contreng dan tampilannya akan ada video yang kita pilih tadi. Setelah itu kita tinggal atur dan sesuai kan videonya, bagai mana cara , yaitu cukup dengan menekan videonya dan muncul seperti gambar di bawah.


Pertama kita akan memotong videonya untuk membuang video yang kurang pas atau kameranya gerak yang akan membuat video tidak menarik.


Setelah memotong video, kita akan ke fitur penambahan efek transisi dimana fitur transisi ini akan menjadikan video kalian menjadi hidup dan lebih menarik untuk di tonton. 
Setelah kita menambah kan fitur transisi kita akan memasuki fitur untuk menghilangkan suara yang berfungsi menghilangkan suara yang tidak jelas masuk ke video kita dan akan menjadi video kita tidak bagus. Jadi audio di vedonya kita nol kan saja untuk membuat video kita menjadi lebih nikmat untuk di dengar.

kemudian kita akan masuk ke fitur lapisan di mana kita bisa menambahkan tepi atau garis hitam pada bagian atas dan bawah video, atau bisa juga kita menambahkan judul ataupun kata-kata,menambahkan video lapisan, ada juga hamparan, tulis tanagn dan efek.
Kemudian kita bisa menambahkan fitur filter di dala video kita yang berguna sekali untuk memper indah warna yang ada dalam video kita, yang seakan membuatvideo kita itu menjadi hidup dan dapat di pandang enak atau menjadi keren.
Setelah menambah kan fitur filter atau mengubah warna video menjadi lebih indah, kita akan menambahkan fitur music pada video yang membuat video seakan lebih hidup dan enak untuk di tonton ataupun di dengar.
Setelah menambahkan fitur music kita akan masuk ketahap akhir yaitu meekspor video, dan tekan logo yang di panah pada gambar di bawah ini.
Setelah itu muncul seperti ini dan kita tinggal memilih apakah video kita ingin di ekspor menjadi full HD atau tidak itu ter gantung kita. Tapi kita disini menggunakan full HD supaya mendapakan hasil vide yang bakus dan keren.

Setelah itu kita tunggu untuk mengekspor, mengekspor sedikit cukup lama kita harus setia menunggu dan jangan kita kaluar dari pengeksporan ter sebut kalau sampai keluar kita gagal untuk mengekspor.
Klau sudah muncul seperti ini , berarti video kita sudah di ekspor dan siap untuk di tonton. Tinggal kita klik tulisan tak berjudul, setelah itu kita tinggal tonton video kita.
Berikut hasil videonya. Yang sudah dapat kita tonton.




Penulis : Nurmuliyani
Sekolah : SMK Negeri 1 Pelaihari
Angkatan : 16

Tutorial Gaya Berfoto

Tutorial Gaya Berfoto

Nahhh pasti anda sudah sering mendengar istilah “ rule of thirds” , dimana anda membayangkan frame anda dibagi menjadi 3 bagian secara vertikal dan horizontal. Lalu titik temu dari garis-garis tersebut adalah tempat di mana anda sebaiknya meletakkan “ point of interest “ dari foto tersebut. Untuk pemotretan mata seringkali menjadi titik fokal dari foto tersebut. Maka dengan memposisikan mata maka anda akan membantu untuk menonjolkan mata dan menangkap perhatian dari orang yang menikmati foto anda.

1.      Pertama tama kita sebelum berfoto kita harus melihat penampilan kita dulu ya karena penampilan itu hal yang sangat penting untuk seorang yang suka berfoto jika penampilan kita rapi, bersih kan enak di pandang kan.
2.      Nah ini gaya-gaya berfoto saya.


Ø  Bergaya dan berfoto di pantai sekarang lagi hits banget. Buat sosmed kamu semakin kece dan keren dengan berfoto di pantai. Pantai menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dijadikan lokasi berfoto. Perlu di ketahui bahwa berfoto di pantai  di siang hari merupakan langkah alternatif untuk menghindari subyek potret tidak terhalangi bayangan gelap atau mungkin cahaya berlebih mengingat cahaya di saat siang hari yang memang sangat berlebih.


Ø  Indonesia memiliki banyak pemandangan alam yang menarik dan menakjubkan untuk dilewatkan begitu saja. Yaitu salah satunya pohon-pohon nah itulah salah satu gaya berfoto saya di pohon-pohon. Dan saat anda ingin berfoto maka perlu anda memperhatikkan cahaya karna cahaya sangatlah penting untuk seseorang yang ingin berfoto ,karena cahayalah yang memberikan tampilan yang hidup pada setiap foto.tidaklah selamanya anda dapat memilih cahaya yang anda inginkan, tapi anda dapat mempersiapkan segala kemungkinan yang ada di lokasi tempat anda berfoto dengan keinginan anda sendiri.
Ø  Dan ada lagi gaya berfoto saya di rumput –rumput hijau dengan menambahkan sedikit senyuman pasti foto anda bisa menjadi lebih manis sebenernya jika anda ingin bergaya seperti saya sanglah mudah. Anda tidak usah bingung-bingung lagi harus gaya berfoto gimana saat anda berfoto buat sebagian orang,bergaya saat berfoto memanglah bukan sesuatu yang mudah. Kadang jika anda sendang berada didepan kamera kita suka mendadak bingung dan mati gaya. Hmmm jangan sedih, anda cukup ikuti gaya berfoto saya seperti  di atas saja.



Ø  Ada momen dalam kehidupan ini yang berlangsung sebentar saja, dimana momen tersebut harus anda kejar bahkan kalau bisa menunggunya.maka ini tips foto saat sunset yang keren.yaitu anda harus buat perencanaan meskipun terkadang gambar matahari terbit dan terbenam dapat di ambil secara spontan tanpa berpikir terlalu lama, tapi yang pasti bahwa yang terbaik selalu di hasilkan dari perencanaan. Dan tentukan latar depan anda terlebih dahulu, latar depan memberikan celah yang menarik terhadap semua jenis foto. Cara terbaik untuk memperoleh hasil yang bagus saat mengambil gambar matahari terbenam adalah penempatan beberapa objek yang menarik pada latar depan foto anda.

Ø  Setelah dari berbagai gaya foto di atas selanjutnya kita membahas tentang gaya berfoto di ayunan kalo anda ingin mencoba kekinian dengan melakukan gaya berfoto di ayunan silahkan anda coba saja.foto di ayuanan bukan hanya untuk tempat bersantai tetapi ayunan juga bisa buat tempat berfoto dan berpose.

Dan itulah semua gaya-gaya berfoto saya di berbagai tempat dan berbagai gaya jika anda ingin mencobanya silahkan mudahan saja hasil berfoto anda lebih bagus dengan melakukan gaya berfoto seperti saya.

Penulis: Marliana
Sekolah: SMK NEGERI 1 PELAIHARI
Angkatan: 16 

Edit Gambar Menjadi Video di Vivavideo


Edit Gambar Menjadi Video di Vivavideo
Ok teman – teman kali ini saya akan membuat gambar menjadi video keren, di aplikasi vivavideo. Nah kalau teman – teman belum mempunyai aplikasi vivavideo silahkan untuk mendwonload di playstore handphone kalian. Di vivavideo ini juga akan membuat video editanmu tampak lebih elegan atau bagus. Mengedit foto menjadi video yang bagus dan keren sangat menyenangkan ya guys apalagi itu hasil editan kita sendiri. Teman – teman bisa bergaya apa saja untuk membuat editan videonya sesuai selera teman – teman pokoknya gimana bagusnya gitu hehehe. Di vivavideo ini pastinya bisa ditambahkan dengan tambahan tema seperti backsound slide berisi teks, stiker ke video
Oh ya teman – teman sebenarnya aplikasi vivavideo ini merupakan aplikasi mudah yang membuat teman – teman bisa membuat video yang bisa di unggah di media sosial atau hanya sekedar koleksi saja. Oh ya teman – teman aplikasi vivavideo ini tersedia versi gratis ada juga yang bayar. Jadi perlu diperhatikan ya guys. Saya lebih sarankan untuk teman – taman yang pemula memakai apliaksasi vivavideo ini gak usah pakai yang berbayar yaa, karena yang gratisan aja sudah bisa memanfaatkan berbagai fitur yang telah di sediakan vivavideo. Tapi kalau teman – teman mau lebih banyak efek atau fitur nya silahkan saja gunakan itu hehehe, kan kalau yang berbayar udah pasti video editan kalian bisa menjadi lebih bagus lagi. Yuk mari langsung aja kita ke cara menggunakan apliaksi vivavideo.

Cara Menggunakan Vivavideo
1.      Pertama masuk ke dalam google play store, cari aplikasi vivavideo, pilih aplikasi yang bernama vivavideo, tekan tombol install. Kalau sudah di install langsung saja masuk ke vivavideo. Klik tampilan slide untuk memilih gambar


1.      Lalu pilih gambar berapapun pokoknya pilih gambar sesuka kalian, kalau sudah tinggal klik selanjutnya.



1.      Lalu pilih efek perpindahan gambar yang mana menurut taman - teman bagus, pilihan efek sangat banyak kalian tinggal geser ke kanan ya.



1.      Kalau sudah memilih tema langsung saja untuk menambah kan musik. Selanjut pilih transisi untuk tayangan gambar teman – teman  pilih salah satu transisi sesuka hati. 


Selanjut pilih tema untuk  gambar teman – teman  pilih tema sesuka hati. Kalau sudah tinggal klik.


1.      Lalu pilih durasi transisi gambar teman – teman terserah kasih durasi berapa saja, sesuka hati.


1.      Lalu tambahkan teks di dalam gambar atau video gambar kalian, terserah isi teks apapun.


1.      Selanjutnya pilih kualitas video untuk penyimpanan, terserah teman – teman pilih kualitas apa.


1.      Tinggal tunggu di ekspor dehh. Selesai !!!

Gampang kan cara edit foto jadi video lewat aplikasi vivavideo, cocok banget nih buat teman – teman yang baru tau tentang aplikasi vivavideo. Kalian bisa berkreasi sesuka hati kalian. Kalau teman – teman sudah lihai menggunakan aplikasi vivavideo pastinya teman – teman bisa membuat gambar jadi video yang keren dan menarik. Teman – teman tinggal berlatih untuk edit gambar jadi video supaya mahir dan handal menggunakan aplikasi vivavideo ini.

Jadi sebenarnya nih vivavideo cukup simple digunakan walaupun teman – teman baru pertama kali menggunakannya. Sekian tutorial edit gambar jadi video saya teman – teman.  Semoga dapat membantu teman – teman gimana cara editnya walaupun saya juga tidak begitu handal menggunakan aplikasi viva video ini, setidaknya berbagi pengetahuan walaupun ilmu yang hanya tak seberapa ini HEHEHE…!!!      



Penulis 
By : Saidatun Saleha ( SMK Negeri 1 Pelaihari ) 
Angkatan 16