kumpulan tutorial

WELLCOME TO PORTAL TUTORIAL PALING LENGKAP DAN TER-UPDATE SUDAH SAATNYA ANDA MOVE ON

Digital Marketing | Desain | Vektor | Jaringan

Artikel Terbaru

Lihat Lainnya

TUTORIAL MEMBUAT FORM LOGIN MENGGUNAKAN PHP dan MYSQLi

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Pengertian atau Apa itu PHP dan MYSQLi?
            PHP atau Hypertext Preprocessor, adalah bahasa pemrograman yang biasa di gunakan untuk pengembangan Website. Dulunya pada tahun 1995, PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page yang dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf sesuai namanya PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Seiring berjalannya waktu bahasa pemrograman PHP mulai banyak di kenal dan digunakan oleh kalangan sendiri maupun perusahaan. PHP adalah bahasa pemrograman yang berifat Open Source(Bebas).
            MYSQLi adalah Database Management System (DBMS) yang menghubungkan bahasa pemrograman anda dengan database. MYSQLi adalah kembangan dari MYSQL, penambahan kata “i” dalam MYSQLi di artikan Improved(disempurnakan).

Persiapan
Tools yang harus kita siapkan sebelum membuat aplikasi CRUD sederhana berbasis website :
-          Code Editor (saya menggunakan Visual Code)
-          Virtual Server (saya menggunakan XAMPP)
-          Web Browser (saya menggunakan Firefox developer edition)
Kalian bisa menggunakan tools yang biasa digunakan, tapi usahakan sama yaa... Agar kalian mudah mengikutinya, dan jika belum punya toolsnya silahkan di download terlebih dahulu 
:-D

Kita Mulai Yuk....
1.      Buka Virtual Server(XAMPP) kalian.
Pada aplikasi XAMPPnya nyalakan/Start modul Apache dan MySQL seperti yang ada di dalam kotak merah pada gambar di atas, tunggu hingga muncul angka pada port Apache dan MySQL nya.

2.      Buka folder XAMPP di File Exploler dan masuk ke folder htdocs, jika kamu meginstall XAMPP secara default(tidak memindah directory installation) biasanya berada di : Local Disk (C:)/xampp/htdocs. Seperti gambar dibawah ini.

3.      Buat Folder baru dan beri nama sesuai yang kamu inginkan(Tidak boleh ada penggunaan spasi). Folder ini berisi file-file php kita nantinya.
Disini foldernya saya beri nama "latihan-login" . Untuk menghindari penggunaan spasi, saya ganti dengan tanda minus(-).

4.      Setelah semua langkah diatas selesai silahkan buka text editor kalian. Disini saya akan menggunakan Visual Code, kalian boleh memakai text editor yang biasa kalian gunakan atau yang kalian sukai.
Saya sarankan kalian menggunakan Visual Code, kalian nantinya akan mudah mengikuti .

5.      Langkah selanjutnya silahkan pilih dan buka folder yang sudah kalian buat tadi seperti gambar dibawah.
Tampilan setelah dibuka seperti pada gambar di bawah :

6.      Jika langkah diatas sudah semua silahkan kalian buka web browser kalian dan ketikkan alamat ini “ http://localhost/phpmyadmin/ ” 
Diatas adalah tampilan localhost dari virtual servernya(XAMPP) dan klik “New” yang ada pada menu. Fungsi menu New untuk membuat database untuk project baru.

7.      Setelah masuk menu New akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
Masukkan nama database yang akan kalian buat pada kolom “Database Name” yang ada pada gambar diatas dan klik "Create". Nama database ini juga tidak boleh menggunakan spasi.

8.      Sesudah membuat database akan muncul tampilan perintah seperti ini untuk membuat tabel.
Berikan nama tabel dengan nama “admin” dan dengan jumlah kolom “3” lalu klik “Go”.

9.      Massukkan isi dari tabel admin seperti berikut: 
Untuk id pilih type int(integer), pilih primary key dan centang AI(auto_increment).

Untuk username dan password pilih type varchar dan masukkan Values 255.
Klik tombol save jika sudah selesai.

10.      Selanjutnya jika sudah seperti dibawah :
Klik submenu “Insert” untuk memasukkan data kedalam tabel admin. Lalu masukkan data seperti dibawah :
“id” biarkan kosong karena memiliki nilai AI(auto_increment) atau otomatis.
“username” dan “password” isikan admin. Klik “Go”.
Jika data sudah masuk kedalam tabel akan muncul data seperti ini :

11.      Jika kalian sudah mengikuti langkah diatas, sekarang kita kembali ke kode editor.
Selanjutnya kita akan membuat koneksi. Buatlah file dengan nama “koneksi.php”, gambar dibawah ini ada kotak merah yang saya beri, silahkan klik pada bagian gambar itu untuk membuat file baru.
Masukkan kode seperti gambar diatas. Sesuaikan nama databasenya, disini saya menggunakan database “latihan login”. Horee.... :-D

12.      Setelah membuat koneksi, sekarang kita akan membuat tampilan awal login kita.
Buatlah file baru dengan nama “index.php” dan massukkan kode seperti di bawah ini, dan buat lah struktur file seperti pada kotak merah yang ada pada gambar di atas.
13.      Sekarang kita akan membuat file yang menyambung kan antara tampilan awal dengan dashboard admin sekaligus untuk mengecek apakah user sudah login.
Buatlah file baru lagi dengan nama “cek.php” dan masukkan kode seperti di bawah:

14.      Sudah mengikuti semua yang ada di atas? nah sekarang kita akan membuat tampilan admin jika sudah login, massukkan kode pada seperti pada gambar dibawah ini, lokasi kodenya di file “admin/index.php”
15.      Nah sekarang kita akan membuat fungsi untuk logout dan kembali ke halaman awal login. Massukkan kode seperti gambar dibawah, lokasi kodenya di file “admin/logout.php”


Nah kita sekarang sudah belajar untuk membuat aplikasi login sederhana menggunakan PHP dan mysqli, berikut tampilan jika sudah jadi

Sekian dari saya, Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Penulis : 
Muhammad Rizkita Fandy (SMK PLUS DARUS SALAM KEDIRI)
Angkatan ke-17



TUTORIAL MENSTABILKAN KONEKSI INETERNET DI LAPTOP/KOMPUTER Dengan Bantuan CMD


Assalamualaikum..

Ingin ga sih punya koneksi yang lancar jaya tanpa adanya buffering, pastinya di jaman skrang banyak yang membutuhkan koneksi, apalagi yang stabil. Pasti punya kalian agak lemot dan lelet deh, kan sekarang jaman serba digital pastinya banyak yang membutuhkan koneksi,  kalau punya kalian lemot malu lah ya sama tetangga sebelah yang anti lelet  dan anti siput

Hehee, aku bercanda kok tidak mengejek, pastinya jengkel nih udah laptop/komputer lemot ehh taunya di ledekin sama aku..

Maafin guyss maafin aku..
Ini nih aku punya cara atau pun tutorial untuk mengatasi permasalahan kalian yang selama ini membuat hidup kalian resah dan gelisah tentang koneksi yang lemot, kan anak jaman now tuh pastinya butuh banget koneksi yang fast respon seperti si doi, wkwkk.

Jangan berlama-lama cerita nanti para pembaca pada bosen kan semuanya netijen yang maha bener, bhahhaaa
Skuyy ikuti langkah-langkah ku biar kalian pada ngerti dan paham:w
Pertama kali, pastikan laptop/komputermu sudah terhubung ke internet kalau belum hubungkan terlebih dahulu, Ketikkan di start->command prompt-klik kanan ->run as administrator.

Jika sudah, begini tampilannya Cmd (command prompt), hitam dan gelap..

Hii seremm, hehew

Jika sudah terbuka, kalian harus mengecek alamat Ip caranya:
v Ketikkan ipconfig/all, lalu enter, seteleh itu akan muncul banyak konfigurasi.

v Berhubung ini banyak banget konfigurasi kalian pilih saja Dns  Server, kalian ingat – ingat angkanya atau engga kalian tulis atupun foto juga boleh tidak ada yang melarang guyss, oke cuss tahap berikutnyaa...

v Sudah tau kan alamat atau angka Dnsnya. Setelah kalian mengetahui alamat Dnsnya langkah-langkah selanjutnya adalah :
ü Ketik ping - l  5000 192.168.1.1 –t,  lalu tekan tombol enter .
Keterangan dari l 5000 192.168.1.1 –t, biar lebih jelas dan paham guys dari maksut diatas:
·        -l = huruf L kecil biasa.
·        5000 = data yang dikirimkan adalah sebesar 5000 byte. Itu bisa kalian ganti sesuai selera kalian biar jaringannya stabil ajaa.
·        192.168.1.1 = angka Dns yang kalian butuhkan tadi untuk menstabilkan.
·        - = tanda kurang.
·        t = untuk memastikan agar koneksi terputus atau berjalan dengan lancar .

Seperti ini contohnya:

Jika kalian sudah benar mengetikkan yang seperti diatas maka akan muncul balasan dari Cmd, langsung tuh di balas sama Cmd eitss bukan si doi...

Ini nih contohnya balasanya,
Perlu diingat ya guys Cmd harus tetap berjalan  jangan di close, tetapi kalau tampilanya mengganggu menurut kalian cukup minimize saja, karena bila di close cmdnya koneksi internet kalian  akan seperti biasanya yaitu lemot/lelet.  Jika sudah selesai tidak menggunakan koneksi bisa di close jendela cmdnya..

Gimana guys cukup mudahkan tutorial atau caraku untuk menstaabilkan koneksi oo h iya aku ini pake windows 7 jika punya kalian memakai beda versi kurang lebih sama jika masih bingung cek google aja lengkapnya...
Hehee..

Sekian dan Terimakasih telah membaca artikel tutorial ku, semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang gelisah tentang koneksi yang lemotnya ugal-ugalan..
Mohon maaf bila ada salah ketik atau kata kata bucin dan alaynya
Jangan lupa di share ya guys agar lebih bermanfaat ilmunya..

Penulis :
Cinthia Dwi Agustian
Smk Plus Darussalam
Magang Angkatan 17 

TUTORIAL CARA MENGISTAL IMACROS DAN CARA MENGUNAKAN


1. PENGERTIAN IMACROS
Apa sih imacros itu? Imacros yaitu sebuah tools kecil atau add-ons pada sebuah browser yang dapat kita gunakan untuk mengulang aktivitas kita yang sudah di rekam sebelumnya. Jadi si imacros ini merupakan makroni corder berbasis website, jadi dengan bantuan imacros ini pekerjaan atau beban kita dapat menjadi lebih enteng, ringan, dan bisa di bilang agak menjadi lebih santai hehehe. 

2. CARA MENGISTAL FIREFOX DAN IMACROS  
1. Jadi sebelum kalian menggunakan imacros atau sebelum kalian mengistal imacros kalian harus mendownload mozilla firefox yang versi sebelumnya ( lawas ). Jadi kenapa kok harus versi yang sebelumnya? Karena mozilla yang terbaru atau sekarang sudah tidak supprot dengan imacros. Jadi kalian harus mengistal mozilla firefox yang versi 48.0 atau mozilla firefox versi 56.0. Cara donwload mozilla firefox versi 56.0, kalian ketik saja link yang saya sediakan http://bit.ly/2Au7feC lalu kalian buka nanti geser kursor kalian kebawah dan cari firefox version 56.0 tanpilanya seperti yang ada di bawah ini.

2. Lalu kalian download, setelah di download kalian install firefoxnya .Jadi tampilan mozilla firefox versi 56.0 akan seperti ini.

3. Dan untuk ngecek sudah benar atau belum firefox versi 56.0 ketik ALT pada keyboard kalian nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini lalu kalian pilih help.

4. Jika sudah pilih About firefox

5. Dan nanti otomatis akan muncul version firefox yang kalian download tadi.


3. INSTAL IMACROS

 1.Caranya mudah sekali, kalian tinggal buka mozilla firefox yang kalian install tadi lalu kalian buka google.com kalian ketikan imacros nanti muncul seperti yang ada di bawah ini.


   2. Lalu kalian buka kalian tambahkan ke firefox.

   3. Jika sudah kalian buka mozilla firefox kalian. Jika di firefox kalian muncul icon imacros seperti gambar yang ada di bawah, tandanya kalian sudah mengistal imacros tersebut. Dan kalian klik icon imacros dan jika tampil seperti gambar di bawah kalian berhasil dan imacros dapat digunakan


4. MENGATASI IMACROS JIKA TIDAK MUNCUL ICON DI FIREFOX
1. Apabila tidak muncul icon imacros kalian biasa download imacros_for_firefox-8.9.7-fx google kalian.

2. Lalu jika sudah di download kalian buka firefox kalian, kalian masuk klik tombol Open Menu yang ada di pojok kanan atas


3. Jika sudah kalian pilih Adss-Ons
4. Kalian pilih icon pengaturan disebelah kanan atas.
5. Kalian buka atau kalian klik icon pengaturan. Dan nanti kalian pilih install Add-on from file.
6. Kalian cari folder atau file imacros yang sudah kalian download tadi lalu kalian pilih dan jika sudah kalian klik tombol open.
7. Jika mucul tulisan ADD dan Cancel kalian pilih yang ADD.
8. Jika sudah tunggu sebentar sampai nanti muncul tulisan Restrat Now dan Not Now. Kalian pilih Restrat Now.
9. Kalian tunggu dan muncul icon imacros kalian klik dan kalian bisa menggunakan nya dan selamat menggunakan imacros.



TUTORIAL PENGENALAN TENTANG IMACROS DAN CARA MENJALANKAN IMACROS

1. Kalian buka mozilla firefox kalian

2. Lalu kalian ketikan google.com pada kolom pencarian.
   => Keterangan : Kenapa kok harus buka google.com? Karena semua imacros bekerjanya di mulai dari tabs atau kolom pencarian dari google.com. Dan alahkan baiknya sebelum kalian menjalankan imacros kalian harus menutup tabs yang tidak penting ( tidak digunakan ).

3. Sebelum memulai kalian pilih recod pada imacros dan kalian pilih Record Options.

4. Setelah itu akan muncul seperti ini.

5. Dan Jika kalian ingin menge klik sesuatu di kolom pencarian google kalian pilih yang ada tulisan SELECT THE BAST RECORD MODE AUTOMATICALLY

6. jika kalian ingin mengetik kalian pindahkan yang tulisan Experimental event recording mode 

7. Dan untuk memulai pilih atau klik record dan sebelum itu pilih yang experimental mode untuk mode mengetik dan ketikan apa yang anda cari

8. jika sudah pilih record options lalu ganti dengan select the bast untuk mengeklik tombol penelusuran google

9. Lalu klik penelusuran google dan jangan di enter



TUTORIAL PENGENALAN TENTANG IMACROS DAN CARA MENJALANKAN IMACROS

1. Kalian buka mozilla firefox kalian
2. Lalu kalian ketikan google.com pada kolom pencarian.
   => Keterangan : Kenapa kok harus buka google.com? Karena semua imacros bekerjanya di mulai dari tabs atau kolom pencarian dari google.com. Dan alahkan baiknya sebelum kalian menjalankan imacros kalian harus menutup tabs yang tidak penting ( tidak digunakan ).


3. Sebelum memulai kalian pilih recod pada imacros dan kalian pilih Record Options.

4. Setelah itu akan muncul seperti ini.

5 .Dan Jika kalian ingin menge klik sesuatu di kolom pencarian google kalian pilih yang ada tulisan SELECT THE BAST RECORD MODE AUTOMATICALLY

6. jika kalian ingin mengetik kalian pindahkan yang tulisan Experimental event recording mode

7. Dan untuk memulai pilih atau klik record dan sebelum itu pilih yang experimental mode untuk mode mengetik dan ketikan apa yang anda cari.

8. jika sudah pilih record options lalu ganti dengan select the bast untuk mengeklik tombol penelusuran google

9. Lalu klik penelusuran google dan jangan di enter.

10. Jika sudah kalian klik penelurusan google kalian pilih stop, untuk menghentikan perekaman pada imacros.

11. Jika muncul name Current kalian klik kanan lalu pilih edit untuk mengedit coding an pada imacros.

12. Pilih edit dan edit coding dengan menulis WAIT SECONDS untuk mengatur waktu berjalan nya imacros.

13. Lalu seperti tadi klik kanan lalu pilih rename untuk mengganti nama file anda.

14. Lalu jika sudah pilih atau klik play utuk melihat berjalanya imacros.

15. Dan yang terakhir kalian pilih play atau play loop. Dan perbedaan play dengan play loop adalah jika play hanya memutar rekaman satu kali tetapi jika play loop akan memutar sebanyak yang anda inginkan dengan memilih max untuk berapa kali anda ingin memutarnya.









SEKIAN DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA DAN SEMOGA ANDA BISA MEMAHAMI TENTANG IMACROS DENGAN MEMPELAJARI DI TUTORIALINI. SEKIAN ASALAMUALAIKUM WRB.

# PENULIS
#OKKY RISTANTO
#SMK PLUS DARUSSALAM
#REKAYASA PERANGKAT LUNAK ( RPL )
#ANGKATAN 17